gang-remuk.blogspot.com

Kamis, 03 Maret 2011

* dual-boot * Mac OS X * Windows 7

saya ingin berbagi sedikit ilmu kepada rekan-rekan semua. Bagi Anda yang sudah bosan dengan tampilan 'Jendela' saya akan sedkit berbagi bagaimana caranya menggabungkan Windows 7 dan Macintosh. Yang saya gunakan adalah Windows 7 Ultimate dan Iatkos 10.6.3. Bagi Anda yang di dalamnya sudah include Windows 7 tapi tidak mempunyai DVD Instalernya dapat membuat dulu CD repairnya melalui menu Control Panel. Control Panel----> System And Security----> Backup And Restore----> create a system repair disc----> create disc. Pakai CD aja jangan DVD karena besar filenya hanya sekitar 10 MB.

 

1. Hardisk Partition
Ini merupakan langkah awal yg sangat penting!! Sangat perlu diperhatikan agar dual boot berjalan dengan lancar,
dapat dilihat, saya mempartisi HD laptop saya menjadi 3 bagian, semuanya primary jangan extended !!
partisi pertama saya isi windows, dan partisi kedua yg akan saya install MAC OS X.  Pada partisi ke dua klik kanan --mark partition as active--

2. Install Windows and Mac
Proses instalasi windows seperti biasa, dan yang agak rumit pada proses instalasi Mac OS X,
masukan DVD Iatkos, dan pada saat masuk ke disk utility untuk format partisi ke 2 menuju mac osx(hfs)

klik partisi ke 2,klik erase -- format ke type mac osx journaled--- lalu erase !! maka partisi ke 2 akan memiliki format hfs.

 

Lanjutkan ke proses instalasi klik customize .. ini sangat penting untuk menginstall semua driver sampai booting nya, seperti wireless,sound,modem,keyboard,vga,chipset,dll. jadi sebelum kita memilih sebaiknya kita harus tahu spesifikasi laptop kita,karena jika salah maka tidak bisa masuk OS atau pun terdapat masalah2 lainnya.
Lakukan proses penginstallan yang memakan waktu sekitar 20 menit, lalu masuk ke proses awal Mac untuk mengisi data pribadi dll.
3. Dual Boot
Saat kita melakukan booting maka akan langsung masuk ke Macintosh, dan Windows pada partisi pertama belum bisa kita masuki.
Langkah selanjutnya adalah booting dvd Windows 7, dan masuk ke pilihan repair my computer


lalu pada pilihan system recovery option pilih command promt

pada command promt,
ketik DISKPART

list disk
----------
select disk 0 ---karena yang aktik adalah disk 0 sebagai HD laptop
----------
select partition 1 -- karena kita akan menselect partisi yg berisi windows
----------
active
----------
exit ---------- bootrec/ rebuildbcd ---------- exit ---------- klik repair  ---------- Restart
 
4. menggunakan EasyBCD
download dan install easyBCD (freeware)

ke Add/ Remove Entries


Add Mac OS X sehingga seperti gambar diatas. Restart !!!
Maka saat masuk ada pilihan Mindows 7 dan Mac OS X






Masalah Yang Sering terjadi Waktu Install Mac  
Pada waktu kita menginstall Snow Leopard, mungkin ada yang tidak langsung berhasil. Ada yang tinggal 1 menit instalasi selesai, eh malah macet. Looping error pada waktu pembuatan account, dll. Nah kali ini kita akan bahas nih, gimana cara ngatasi trouble saat instalasi.
1. Instalasi berhenti pada posisi ” 1 minute left “ Penyelesaian : Restart ulang, dan ulangi boot dari Dvd anda. Jangan format lagi harddisk anda, biarkan saja. Instalasi kemudian akan dilanjutkan hingga finish. 2. Gagal booting dan tidak mau masuk proses instalasi. Penyelesaian : Restart ulang, boot dari Dvd dan tambahkan perintah cpus=1. Masalah ini kebanyakan terjadi pada laptop yang menggunakan processor CoreDuo. 3. Keyboard tidak dikenali oleh Leopard Penyelesain : Restart ulang, dan booting dari Dvd, masuk ke Terminal, dan ketikkan perintah berikut : cp -Rf /System/Library/Extensions/ApplePS2Controller.kext /Volumes/nama_harddisk/ /System/Library/Extensions/ApplePS2Controller.kext 4. USB Devices tidak dikenal Penyelesain 1 : Setting bios anda. Set USB Controller = Enabled. Set USB 2.0 Support = Enabled. Set Legacy USB Support = Disabled Penyelesain 2 : download IOUSBFamily.kext dan install. Ingin tau cara install .kext extensions? klik disini… 5. Error Looping pada Pembuatan Account Penyelesaian : Restart, boot dengan parameter “-s” < tanpa tanda petik >. Kemudian ketik perintah berikut : mount -uw /
passwd root ———-> mengganti password root. Isi password, dan jangan sampai lupa!
touch /var/db/.AppleSetupDone
reboot

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar